Pages

Kenapa pilih AC Split Haier 0.5 PK (setengah PK) ??

Udara Surabaya yang dari hari kehari makin panas tentunya sangat mengganggu aktifitas kita diluar ruangan maupun didalam ruangan. buat sobat yang menginginkan kenyamana istirahat dirumah tanpa merasakan gerah yang berlebih akibat semakin panasnya cuaca akhir-akhir ini tentunya menggunakan penyejuk ruangan atau AC menjadi salah satu alternatif. Didalam menentukan produk atau merk AC yang kualitasnya baik dan harganya ramah dikantong itu hal yang mustahil karena menurut prinsip ekonomi semakin bagus kualitas suatu barang maka disertai pula peningkatan nilai harga dari barang tersebut, dengan kata lain jika menginginkan kualitas AC yang bagus tentunya kocek rupiah yang harus kita keluarkan sebanding dengan kualitasnya. bukan begitu sob?....hehehe mungkin iya mungkin juga tidak ????
ketika kita bingung menentukan AC mana yang kualitasnya bagus dan cocok dikantong tentunya kita harus punya referensi dari teman ato sodara yang pernah make produk tersebut begitu juga ane, untungnya ada teman dekat yang profesinya berkutat seputar pendingin sebut saja si A.
  • Gw : "Bro kira-kira AC apa yang kualitasnya bagus ?(ane belum nyebutin budget) 
  • Si A: "Dai*** bro mantep"
  • Gw : "klo yang laen bro kek L*, Sh***, Sam****?"
  • Si A: "Daripada merk2 tadi lebih baik beli Chang*** atau Haier aja bro"
  • Gw : "Lo kug ..bukannya itu merk lokal bro"
  • Si A: " Jangan salah bro ... daleman entu AC lumayan bagus, kualitas lilitan di kompresornya masih pake tembaga    klo yang laen sih ane ga jamin banyak yang pake kawat alumunium, trus pipanya juga tebal yang laen mah tipis cepet bocor, cuman klo chang*** outdornya berisik "
  • Gw: "Ouuu ...."
Singkat cerita ketika celengan ayam jago dipecah berangkatlah ane ke toko elektronik dekat rumah. ketika nyampe di Harto** elektronik ane bilang ke spgnya "mas mo nyari AC setengah PK yang merk Haier ya?" si Spgnya bilang "ngapain pilih Lokal mas mending pilih AC yg merk" , disebutin entu merk AC dari A ampe Z... skip-skip bingung juga nih akhirnya ane telpon si A buat mastiin, si A bilang "udah haier aja bro, percaya ma gw". akhirnya pilihan jatuh pada Haier HSU05ECO03 Low watt 0.5 PK. Kenapa kok haier? kenapa kok setengah pk? kenapa kok Low Watt? ...kenapa ..eh kenapa ???? hehehehe.
kenapa kok haier...tadi udah dijelasin, kenapa kok setengah pk (0.5 pk)? ...krn ukuran kamar ane 2.5 m x 3.3 m rumusnya sob klo mau nentuin besarnya pk AC itu  Luas x 500 = BTU (1 pk =1000 btu) jadi klo diitung kebutuhan kamar ane 2.5 x 3.3 x 500 = 4125 btu atau kalau dibulatkan kurang lebih 5000 btu = 0.5 pk, kenapa kok Low Watt? ...daya rumah ane cuma 900 sob ..hiks ..padahal menurut teori para suhu AC kalau AC low watt itu btu nya tidak maksimal katakanlah AC 0.5 pk yang seharusnya 5000 btu kalau Low watt berkisar antara 4500 - 4900 btu pastinya berpengaruh dari yang standar.
Singkat cerita si A juga yang pasangin entu AC dan belanja materialnya, karena emang waktu itu pas beli ane cuman dapat unitnya doang gak dapt tambahan apa-apa lagi.
Eitss ...pesan ane kalo beli pipa saluran AC cari yang tebal dan kualitasnya bagus sob standart 0.7 sih lebih baik karena freon untuk tipe AC yang baru saat ini R32 dan R410 itu tekanannya lebih besar dari AC tipe lama yang pake freon R22.
Satu lagi sob pastiin instalasinya rapi dan tidak ada kebocoran pada sambungan pipanya ...
Alhamdulillah sob akhirnya kamar ane jadi sejuk..istirahat jadi nyaman, entu AC juga alus bunyi indoornya dan Outdornya juga gak berisikin tetangga ..... Lumayan lah harganya juga masih dibawah merk jepun or korea, yang penting kalo menurut ane kualitasnya sob gak kalah dari yang bermerk. Denger-denger si haier ini sudah mengakuisisi merk Sanyo nya jepun ....
semoga bermanfaat......









8 komentar:

  1. Top lah haier, ac di rmh saya jugak merk itu, mau beli merk sanyo gak ada lagi susah carinya, akhirnya denger2 haier bagian dari groupnya sanyo. Wahh langsung cuzz angkut n pasang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah mampir di blog ane,mudah-mudahan awet ac nya gan...

      Delete
  2. AC punya ane kok sekarang sudah ga dingin lagi ya setelah 1 tahun pemakaian. type sama. Haier HSU05ECO03 Low watt 0.5 PK. Kenapaaaa Yaaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena evaporatornya kotor gan, klo AC anda rutin 3 bulan sekali di cleaning sih harusnya tetep dingin. karena lumut dan kotoran yg mengendap di evap itu bisa membuat AC tidak dingin.

      Delete
  3. Betul kata IKO, dan cek lg apa ad kebocoran sehingga freon kurang
    +/- 110 -120 psi it's OK Lah........

    ReplyDelete
  4. Diatas klo pke R410 Ataupun jg pke R 32

    ReplyDelete
  5. koq haier d tempar ane dinginnya lama yaa broo

    ReplyDelete